Senin, 01 Februari 2016

Cara Mutasi Siswa Online DAPODIK

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Smoga Allah merahmati kita semua...

untuk mengentri siswa dengan cara menarik siswa secara online sudah dilakukan sejak Semester Ganjil tahun 2015/2016, tanpa kita mengentri manual kita bisa melakukan penarikan siswa baru maupun siswa pindahan dari sekolah lain lewat Server Dapodik. sehingga Data Lengkap Siswa tersebut secara otomatis akan masuk kedalam Aplikasi Dapodik setelah kita melakukan Sincronisasi.

Berikut uraian sederhana bagaimana cara mengentri atau menarik siswa secara Online:
1. Buka Link Dapodik kemudian klik Login Operator sekolah

2. Setelah itu isi Username dan Password dengan Email dan password dapodik

3. Kemudian Pilih TarikPeserta Didik
4. Langkah selanjutnya tinggal kita memilih Propinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Sekolah Asal Peserta Didik tersebut. berikut saya contohkan dengan gambar.
5. Setelah selesai memilih Propinsi sampai sekolah asal seperti gambar di atas, maka selanjutnya tinggal kita mengetik kata kunci nama Peserta didik yang akan dimutasi dan Klik Cari Peserta Didik, setelah PD yang bersangkutan ditampilkan, selanjutnya pilih anak panah yang dilingkari dan menunggu proses selanjutnya.


6. Langkah selanjutnya adalah tinggal Konfirmasi Proses Mutasi.
7. Silakan Buka Aplikasi Dapodik dan Lakukan singkronisasi agar siswa yang dimutasi tersebut masuk dalam Aplikasi Dapodik dan Lakukan Verifikasi dan Validasi Data Peserta Didik dalam Aplikasi Dapodik untuk lebih Valid.

Sekian Tutorial Sederhana dari saya, walau sedikit membingungkan, smoga bermanfaat dan membantu teman-teman Operator....

Salam Satu Data untuk semua OPERATOR

3 komentar:

Nama
Email