Selasa, 05 April 2016

Ternyata Jaminan dan Perlindungan Sosial Bagi 1 JT Guru Honorer dari KEMENSOS "HOAX"




Kemarin beredar kabar Kementerian Sosial (Kemensos) berencana bagi-bagi uang untuk 1 juta guru honorer yang honornya Rp. 300.000 atau kurang per bulan. Kabar tersebut menyebar begitu cepat melalui SMS broadcast ke para guru honorer yang tersebar di seluruh Indonesia.

Internet Marketer Pro 720x90
Begini isi pesannya:

Mohon infonya ya..bagi guru honorer yg memiliki pendapatan < 300 rb/bl, untuk mendaftarkan diri pd Program Perlindungan dan Jaminan Sosial bagi 1 juta guru oleh Kemensos. Pendaftaran bisa dilakukan melalui Posko Bantuan Guru Independen (Ibu Tety Sulastri di 085695432311)”.

Internet Marketer Pro 300x300
Ini 1 Versi SMS yang didapat dari salah satu Guru Honorer, selain itu ada Versi yang lain,

Isi Pesannya:

Mahir Microsoft Excel 336x280
Bagi Guru dan Pendidik Honorer. Hasil pertemuan dengan Ditjen Fakir Miskin dan Ditjen Linjamsos serta Anggota Komisi 8 DPR RI disepakati, bahwa Kemensos akan menyiapkan Perlindungan dan Jaminan Sosial bagi 1 Juta Guru dan Pendidik Honorer yang memiliki pendapatan <300 rb/bln. Tety dari DPP FGII membuka Posko bantuan guru independen sampai 10/04/2016 dengan dukungan dari anggota TIM POKJA TPPO dan KTPA Kemensos .

Mahir Website 300x250
Batas waktu pendataan sampai bulan Mei 2016. Verifikasi dan Validasi data oleh kemensos akan dilakukan pd bulan juni 2016. Data akan diserahkan secara bertahap ke Kemensos. Mohon berkenan menyebarkannya agar semakin banyak guru honorer dg kriteria tsb bisa memanfaatkan kesempatan ini.. (Info dari salah satu Guru Honorer yang mendapatkan SMS tersebut).”

Panduan Praktis Ajaib Al Qur’an Menjadi Manusia Cerdas 336x280
Belum tahu sumbernya dari mana, kabar gembira itu langsung ramai diperbincangkan di media sosial, terutama oleh tenaga honorer di lingkungan pendidikan yang bernaung di berbagai organisasi tenaga honorer. Ada yang bertanya, ada yang langsung mendaftar dengan mengisi form pendataan yang juga di-broadcast.

Seni Menjadi Pedagang Online 300x250
Seorang guru berhonor Rp 325.000 per bulan bertanya setengah protes, “Kok cuma yang Rp 300.000 ke bawah?”

Si Tukang Tidur Main Adsense ( Cicilan )  336x280
Ada juga karyawan honorer bukan guru yang minta diperjuangkan agar cakupan bantuan diperluas, bukan hanya untuk guru. “Bagaimana dengan nasib kami-kami ini yang bukan guru?”

Sayangnya, ketika kabar itu dikonfirmasi kepada Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, jawaban yang didapat mengecewakan mereka. Mensos menyatakan berita itu tidak benar.

“Tidak benar itu,” tegas Khofifah saat berada di Banjarnegara, Jawa Tengah.

Khofifah mengatakan dirinya tidak tahu menahu soal kabar itu, baik sumbernya maupun pihak yang menyebarluaskan. Yang jelas, tegas Khofifah, Kemensos tidak membuat program bantuan untuk guru honorer bergaji di bawah Rp 300.000.

Karena berita telanjur menyebar ke seluruh Indonesia, Khofifah dan kementeriannya pun dibuat sibuk menjawab pertanyaan para guru honorer dari berbagai daerah. “Saya tidak tahu cerita itu dari mana. Ada yang dari Aceh tanya, dari NTB tanya, tidak ada itu. Pak Anies (Mendikbud) bisa komplain ke Kementerian Sosial ini,” kata dia.

Khofifah pun minta bantuan media massa untuk meluruskan kabar itu. Sebab Kemensos sama sekali tidak menganggarkan bantuan seperti yang diberitakan itu.



Sumber: Jeli News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama
Email